29/08/14

CARA MENGHILANGKAN KARAT PADA BARANG JADUL ANDA



1. Gunakan cuka! Cuka bereaksi terhadap karat dan mampu untuk melunturkannya dari logam. Caranya, sirami logam dengan cuka dan biarkan cuka membasahi logam selama beberapa jam kemudian gosok bagian yang berkarat..
    • Jika barangnya terlalu besar, cukup siramkan cuka pada permukaan logam sampai agak menggenang dan biarkan beberapa saat supaya cuka bereaksi. Bisa juga dengan menggosok-gosokan kain kasar / serabut logam (yang biasa buat cuci piring) yang telah dibasahi cuka pada bagian yang berkarat, tapi butuh waktu lama untuk menggosoknya sampai tangan anda pegal.
    • Coba rendam aluminium foil dengan cuka dan gunakan untuk menggosok karatnya. Ini tidak begitu merusak jika dibandingkan dengan serabut logam dan lebih kuat daripada penggunakan kain kasar biasa.
    • Bagi anda yang malas menggosok, bisa juga hanya dengan merendam logam berkarat anda selama 24 jam sebelum membersihkannya.

2. Coba jeruk nipis dan garam! Tabur dan gosokkan garam pada bagian yang berkarat sampai terlapisi dengan merata kemudian remas jeruk nipis di atasnya. Gunakan air perasan sebanyak mungkin, biarkan selama 2-3 jam sebelum menggosoknya.

    • Gunakan kulit jeruk nipis untuk menggosoknya. Cukup kuat untuk menghilangkan karatnya tanpa merusak bagian-bagian yang masih baik.
    • Jika tidak ada jeruk nipis bisa menggunakan lemon atau jeruk-jeruk lain yang kadar keasaman tinggi.

3. Buat pasta dari baking soda! Campur baking soda dengan air sampai cukup tebal untuk melapisi logam. Biarkan beberapa saat kemudian gosok karatnya.
    • Coba gunakan sikat gigi untuk menggosoknya, kemudian bersihkan dengan air.
    • Baking sodanya boleh dilapiskan mau setebal apapun, tidak ada aturan khusus. Sepuasnya ente deh.

4. Kentang dan sabun cuci piring. Potong kentang menjadi dua bagian dan taruh sabun cuci pada bagian buah / potongannya. Hal ini akan menimbulkan reaksi kimia terhadap karatnya, jadi lebih mudah untuk dihilangkan. Tempelkan kentang pada karatnya dan biarkan selama beberapa jam.
    • Untuk menggunakannya lagi, cukup potong baru bagian yang telah digunakan tadi dan tambahkan sabun, tempelkan selama beberapa saat lagi.
    • Jika tidak punya sabun cuci, bisa gunakan cara lain selain yang ini. Tapi kebangeten deh kalau ga punya sabun cuci piring.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan karat pada logam barang antik dan kuno anda. Jika karatnya masih tetap mebandel karena saking tebalnya (mungkin umurnya ribuan tahun kali ya?) silahkan beli cairan kimia di toko-toko kimia terdekat (contoh : asam sulfur, asam hidroklorik, asam nitrat, asam oxalic, dan ekstrak gula / ceng. Tapi hati-hati ketika menggunakannya, harus pakai sarung tangan karet.

1 komentar:

  1. permisi. maaf.
    numpang.
    http://www.detexsi.com/2014/03/cara-membersihkan-karat-pada-besi.html

    BalasHapus