21/03/14

Pengertian Enamel & Enamelware


vintageindie.typepad.com

Kalian pasti pernah liat alat dapur jadul milik opa dan oma seperti teko, nampan, gelas, piring, dll yang biasanya berwarna putih, teksturnya halus, dan bergambar bunga-bungaan seperti gambar diatas itu bukan? Nah, itu yang dimaksud dengan Enamelware. Terus, sebenarnya apa sih enamel itu?
Istilah Enamel umumnya digunakan untuk menunjukkan cat yang keras dan mengkilap yang mengandung pigment pewarna / Solid Color. Disebut Solid Color karena cat tersebut dapat merubah warna permukaan benda kerja secara utuh (misalnya merubah warna menjadi putih, hijau, dsb). Istilah Enamel juga sering digunakan untuk cat-cat yang pengeringannya menggunakan pemanas / oven (dikenal dengan istilah Baking Enamel / Stoving Enamel).

Ada juga proses enamel dengan melapisi keramik pada logam dan proses pembakarannya seperti pembuatan keramik. Biasanya proses ini digunakan pada pembuatan papan iklan atau reklame karena memiliki daya tahan yang cukup lama terhadap gempuran cuaca. Iklan Enamel hadir di penghujung abad 19, ketika itu di Indonesia telah beredar iklan-iklan enamel ini. Tidak pernah terdengar ada pabrik enamel di Indonesia sehingga untuk pembuatannya dilakukan di pabrik-pabrik yang terdapat di Jerman, Belanda, dan Inggris. Iklan enamel yang beredar di Batavia tentu sangat unik, bila dibanding dengan  iklan-iklan enamel di Eropa sendiri. Pada, iklan-iklan ini  menyajikan perpaduan kebudayaan. Seperti pada iklan Sepeda Jost didalamnya tercetak akrasa jawa. Pada iklan lainnya bisa pula dijumpai tiga bahasa dalam satu buah iklan.

Sementara enamelware merupakan perkakas / alat-alat yang terbuat dari logam seperti besi yang dilapisi dengan cat enamel, sehingga jadi halus dan tahan karat. Karena sifat halus dan tahan karatnya, maka biasanya cat enamel ini digunakan pada alat-alat dapur seperti yang sudah saya sebutkan tadi diatas, juga digunakan pada reklame-reklame iklan. Namun cat enamel mudah terkelupas bila tidak dirawat dengan baik. Karena jaman sudah berganti dan teknologi juga semakin modern, enamelware ini tergantikan oleh bahan lain yang lebih simple dan tahan lama seperti stainless steel. Nah, beruntunglah kita jika masih menyimpan enamelware dirumah. Selain unik, tampilannya yang terkesan kuno itu dapat membangun suasana vintage pada salah satu sudut rumah kita, terutama dapur.

 Bagi yang ingin ruangannya tampil vintage dengan pernak-pernik enamel, silahkan cek koleksi enamelware kami, disini -> ENAMELWARE

1 komentar:

  1. min, mohon info untuk industrirumah tangga pembuat enamel dimana ya?

    BalasHapus