15/09/14

CARA MENILAI / MENGETAHUI HARGA BARANG ANTIK ANDA



Fenomena di Indonesia saat ini adalah, banyak sekali orang-orang yang berharap kaya mendadak hanya dengan sebuah koin jadul, atau bahkan hanya dengan sebuah piring bunga biasa. Saya berkali-kali melihat ada orang yang menawarkan sebuah koin dengan harga seratus juta, yang benar saja. Dalam dunia barang antik Indonesia tampaknya masyarakat belum teredukasi mengenai nilai sebuah barang antik, atau lawasan. Banyak juga orang-orang yang galau dan bingung dalam menentukan sebuah harga, alhasil nilainya jauh dibawah nilai yang seharusnya dia dapatkan.

Barang antik dinilai dari beberapa segi yakni kelangkaan, usia, model, pembuat, dan kondisi. semakin langka maka semakin mahal, semakin tua maka semakin mahal, semakin terkenal si pembuat maka semakin mahal, dan semakin bagus / sempurna kondisinya maka nilainya akan sangat tinggi. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menilai harga barang antik anda.

1. Riset, Lakukanlah riset atau penelitian dengan mengetahui harga normal barang tersebut di pasaran. Coba cek dibeberapa situs jual beli online baik dalam negri maupun luar negri. Anda juga bisa mengecek di beberapa pusat jual beli barang antik seperti pasar, toko barang antik, dll. atau anda bisa ikut melihat beberapa edaran buletin rumah lelang.


2. Jasa Penilai Barang Antik, atau biasa disebut Apraiser bisa anda gunakan jika anda tidak punya waktu untuk melakukan riset harga. Mereka biasanya sudah hafal dengan harga-harga barang antik di pasaran dan mereka juga punya pengetahuan yang dalam mengenai barang antik. Namun sayangnya jasa apraiser ini sangat jarang ditemukan di Indonesia, paling hanya ada di balai lelang saja.

3. Feeling, Jika anda tidak mampu untuk melakukan riset dan tidak bisa menemukan seorang apraiser, anda bisa menggunakan pengetahuan dasar yang anda punyai mengenai barang anda. Biasanya seorang yang berpengalaman di jual beli antik mempunyai feeling yang bagus mengenai harga barang yang dia miliki. namun hal ini hanya berlaku bagi pemain barang antik yang sudah berpengalaman.

Yang paling penting dari ketiga cara tersebut adalah dengan melakukan riset baik riset harga maupun riset pengetahuan mengenai barang yang anda punyai. dengan begitu barang antik anda bisa laku dengan cepat dan tepat sasaran.


16 komentar:

  1. klau ada yg minat dgn patung singokong saya hub 08127844417,pin bb 5a278d94

    BalasHapus
  2. Umur patung singokong saya sdh ratusan thn umurnya,dizaman dinasti tang(tong) klau ada yg mnat hub ke hp saya yg tertera diatas

    BalasHapus
  3. Saya mempunyai Barang Mangkok Naga Timbul diperkirakan zaman Dinasti Song Kalau Berminat bisa email kesaya d4c_4@yahoo.com

    BalasHapus
  4. Saya punya mangkuk fari dinasti miayam dekat desa saya yang minat mampir aja cukup 500

    BalasHapus
  5. Saya pembeli barang antik cina. Bisa hubungi saya di wa +60124151822

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak calvin sy punya piring dinasti ming..Call.082198618381

      Hapus
    2. Good afternoon

      Mr. calvin I have a chinese antique dish .. if pack please can contact me..di d4c_4@yahoo.com

      Hapus
  6. Saya mau jual cepat koleksi pribadi: patung irian totem embis (tumpukan orang) setinggi 2,5m, pahatan halus dari kayu utuh warna hitam asli irian, dan patung dinding Naga Yogya dari kayu jati utuh.
    Hub. WA/ sms 081808189285
    Lenteng Agung, Jakarta Selatan

    BalasHapus
  7. Sy punya patung giok dewi kwan im dan baskom anti basi hub saya di nomor 085395530567

    BalasHapus
  8. Sy punya patung giok dewi kwan im dan baskom anti basi hub saya di nomor 085395530567

    BalasHapus
  9. Bagi yg serius punya sendiri brang antik porselin cina kuno dinasti ming,qing,song, asli tua mulus ga repair bisa wasap foto dan harga ke wasapku : +6285210788589.
    Diutamakan yang punya barang sendiri/ punya toko antik.
    Tidak terima perantara / penipu online!!!!!!!!!!tks !

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Kalau mau ngecek keaslian keramik antik dimana ya?
    Saya punya piring keramik dinding antik to kurang paham asli apa palsu

    BalasHapus
  13. nenek saya punya guci antik umur kira2 100tahunan gak ada bukti penerusnya , nenek saya aja udh umur 94 skarang. itu aja buktinya. Mau dijual 35juta . 089691514696.

    BalasHapus