14/09/12

Macam-Macam Jenis Potongan/Cutting Pada Batu Permata


Batu mulia atau sering juga disebut permata memang tampak menawan saat digunakan sebagai perhiasan maupun pajangan. Warna serta kerlap-kerlipnya bermacam-macam, ibarat lampu disco yang blink-blink. Mengapa batu permata banyak peminatnya? hal tersebut dikarenakan kelangkaan dan sifat-sifat dari masing-masing batu mulia tersebut. Setiap batu mulia mempunyai kekerasan tertentu, dalam hal ini, dunia permata menyebutnya dengan Skala Mohs. Batu yang paling keras di dunia tentunya adalah batu intan atau berlian. Nah, harga batu mulia yang sudah mahal tersebut akan dapat didongkrak harganya jika cutting/pemotongan batu untuk dijadikan perhiasan juga istimewa. 

Pemotongan batu permata tidak bisa sembarangan dipotong karena harus mengikuti aturan skala Mohs. Semisal, pengrajin akan memotong batu ruby, nah batu ruby tidak bisa dipotong begitu saja menggunakan baja ataupun batu yang lain karena kekerasan ruby berada dibawh berlian, yang bisa memotong ruby hanyalah batu ruby itu sendiri atau berlian yang lebih keras dari pada ruby. Pemotongan permata juga dilakukan dengan mengikuti bentuk sistem-sistem kristalnya, jika tidak, maka batu permata bisa retak.

Ada dua jenis potongan yang umum pada batu permata, yiatu :

1. Faceted gems, yakni permata dengan bentuk geometris, bentuk permukaannya datar dan bersegi-segi. Sekarang ini, model facet memang sedang populer karena menampilkan pantulan cahaya yang gemerlap, sehingga lebih terkesan mewah.

2. Non-faceted gems, merupakan batu permata yang tidak berbentuk geometris, permukaanya datar, contohnya bentuk cabochons (bundar), half moon shaped (setengah lingkaran), dll. Bentuk ini sangat populer dipakai pada batu permata yang berwarna.

The different parts of a gemstone. Due to the spherical nature of most rough, the oval is the most common shape for coloured gemstones as it typically best balances beauty and weight retention
Batu mulia yang masih bahan rata-rata berbentuk lingkaran, sehingga cutting oval merupakan jenis potongan yang paling umum digunakan untuk semua jenis batu mulia yang berwarna

Dikarenakan perbedaan optik yang ada, permata berwarna tidak dapat menampilkan kilap yang sempurna jika dipotong dalam bentuk Brilliant Cut dimana biasanya digunakan untuk permata seperti intan. Pola, gaya, dan jenis potongan setiap batu permata sangat ditentukan pada tipe, bentuk, dan kualitas batu bahan yang ada. Jenis potongan batu akan sangat mempengaruhi harga dari permata itu sendiri.

Classic gemstone shapes and cuts


Brilliant cut (potongan brilian)

Potongan brilian merupakan bentuk standar untuk diamond, tetapi juga digunakan pada permata lainnya. fasetnya bisa sebanyak 57 faset, atau 58 dengan sebuah culet. Sebenarnya belum ada informasi siapa penemu jenis potongan ini, namun seorang pengrajin dari Venesia bernama Vincenzio Perruzzi sering dikatakan sebagai sang inventornya, dengan memperkenalkan potongan brilliant cut-nya pada abad ke-18.

The round brilliant cut possesses the angles and proportions once thought necessary to display a Diamond's best dispersion (fiery flashes of colour), scintillation (play of light) and its characteristic brilliance (white light reflections). While also used for other gemstones, the brilliant cut was developed specifically for Diamonds. The standard number of facets in a round brilliant cut is 57 (or 58 if you include the culet). The brilliant cut was developed by several people, including Vincenzio Perruzzi (an 18th-century Venetian cutter), Henry Morse (he opened America's first Diamond cutting workshop in Boston, Massachusetts in 1860) and the Russian mathematical genius Marcel Tolkowsky (a member of a large and powerful Diamond family, he calculated the cuts necessary to create the ideal round brilliant cut in his book, 'Diamond Design' published in 1919).

Cut Brilian modern adalah hasil karya sejumlah pengrajin di akhir abad 19 dan awal 20, yang paling tersohor adalah Henry Morse dan Marcel Tolkowsky. Gaya pemotongan Briliant sangat fleksibel, sekarang ini banyak bentuk potongan selainoval juga menggunakan sistem brilliant cut ini, seperti termasuk bentuk pir, Marquise, bantal, dan bentuk hati.

Cabochon Cut (Setengah bulat)

 

Cabochon berasal dari bahasa Perancis caboche (kepala), sebutan ini digunakan pada batu permata yang telah dibentuk dan dipoles sehingga bentuknya membulat. Bentuk yang dihasilkan biasanya adalah setengah lingkaran dengan bagian bawahnya rata. Pemotongan cabochon biasanya digunakan pada permata yang mempunyai warna. Contohnya seperti Star Safir (dengan efek asternya) dan batu chrysoberyl chatoyancy seperti mata kucing.

Step Cut (datar/persegi)

Selain Brilliant Cut, model potongan lainnya yang juga menggunakan segi adalah Step Cut, disebut juga trap cut dan emerald cut. Hal ini digunakan pada batu yang bentuknya persegi panjang, garis bujur sangkar atau segi empat, dengan sudut yang dipotong sedikit untuk mencegah chipping atau retak. Gaya pemotongan ini dapa menampilkan hasil yang terbaik jika batu bahan yang digunakan relatif bersih atau kaya-warna.


Untuk zambrut, Cara pemotongannya dikembangkan secara khusus untuk mengurangi jumlah tekanan yang diberikan selama pemotongan dan untuk melindungi batu permata dari chipping atau retak. Sekarang teknik pemotongan lebih modern sehingga dapat digunakan untuk berbagai jenis permata. 

Mixed Cut 
 
Mixed Cut biasa dipotong secara bulatan dengan bentuk crown seperti brilliant cut, dan pavilions step-cut. Sapphires dan Rubies, serta transparent colour gemstones dipotong dengan cara ini. Bentuk yang popular ialah cushion, pear atau teardrop, dan oval. 
 

Fancy Cut

Fancy cut terdapat dalam pelbagai bentuk seperti triangular, kite-shaped, lozenge-shaped, pentagonal atau hexagonal. Selain itu, terdapat dalam bentuk pear dan tear drop. Bentuk heart pula menjadi pilihan bagi hadiah kepada yang tersayang. Bentuk lain ialah seperti hexagon, pentagon, trilliant, marquise, heart,stepped crown, step cut briolette, rondelle, star, scissors, twisted triangle dan pear.  

 


Bentuk-bentuk potongan setiap permata memang akan leboih menonjolkan keindahan dari setiap permata tersebut. Kami menyediakan berbagai jenis batu mulia natural, berkualitas, dengan harga yang bersaing. Untuk pemesanan silahkan menghubungi fast response kami.

4 komentar:

  1. nice post gan....
    thanks unfonya yaaaaaa
    salam knal dan sukses selalu untk qt smua para gems lover endonesia

    salam tempel terus
    Banjarnegara Stones

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaappppp komandan! hehe pada pada wong ngapak kie berarti :D

      Hapus
  2. Om kalo mau motong batu laser kayak gitu dimana yah di daerah jakarta

    BalasHapus
  3. Di Indonesia belum ada sepertinya mas

    BalasHapus